Rihlah TPA 2015

Assalamualaikum
Hari yang ditunggu tunggu tanggal 21 maret 2015 kami TPA Alfurqon mengadakan acara rihlah bersama. Acara rihlah ini diikuti oleh 33orang( santri dan ustad ustazah).

Pukul 6 pagi santri sudah menunggu didepan rumah uztadzah Yuli dengan wajah yang sangat ceria, disambut dengan mentari yang sangat cerah, embun yang masih menyelimuti dan angin yang berhembus sepoi sepoi.
Kami menunggu kedatangan bus pariwisata yang akan mengantarkan kami ke beberapa tempat tujuan wisata terindah.

Sebelum berangkat santri kami presensi terlebih dahulu untuk mengecek jumlah untuk memastikan keikutsertaannya. Tidak lupa kami pun mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk menyukseskan acara ini, berlanjut kami presentasikan agenda yang akan dilaksanakan dalam rihlah. (di dalam bus) Sebelum berangkat tak lupa pula kami memanjatkan puji syukur kepada Allah dan shalawat kepada Rasulullah, kami berdoa bersama sama agar rihlah ini dapat berjalan dengan lancar ( bus berjalan dengan pelan).

01. Museum biologi ugm,
tempat yang pertama menjadi  tujuan kami laksanakan rihlah.Landasan kami memilih tempat ini yang pertama untuk mengenalkan kepada santri tentang ilmu pengetahuan alam , yang kedua untuk mengenalkan kepada santri betapa indahnya ciptaan Allah subhanahuwa wa ta'ala dan mengenalkan kepada santri tentang betapa pentingnya museum untuk ilmu pengetahuan. Tepat pukul setengah 8 kami sampai di museum biologi ugm disana kami telah disambut oleh petugas yang telah selesai membersihkan museum tersebut. Sebelum kami masuk kami berbaris terlebih dahulu agar terjadi suasana yang kondusif dan tertib.Perwakilan kakak ustadz meminta izin kepada petugas untuk memasuki museum, akhirnya bersama sama kami memasuki museum biologi ugm.

Langkah pertama didepan pintu kami dikejutkan dengan fosil dinosaurus yang besar,disinilah kami kemudian santri dibagi menjadi beberapa kelompok untuk lebih leluasa mempelajari museum ini. Begitu banyak koleksi yang terdapat di museum biologi ugm dan diantaranya adalah buah yang diawetkan, kerangka binatang,  makhluk reptil yang diawetkan,  berbagai macam burung dan replika siklus dari perubahan alam.
Telah dianggap cukup, pukul setengah sepuluh kamipun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya. amazing

02. Museum dirgantara
Nah untuk yang satu ini sudah tak asing lagi, museum yang besar dari museum yang lain di yogyakarta. 10.00 wib kami tiba di museum dirgantara, di depan pintu gerbang museum kami telah disambut oleh petugas yang memakai baju angkatan udara. Oleh petugas kami diminta untuk berbaris dan perwakilan untuk registrasi. Setelah itu diperoleh untuk masuk,(tercengang) kami terkagum kemegahan museum ini ternyata sangatlah luas.
Masuk ruangan pertama kami melihat beberapa seragam yang digunakan oleh tentara udara sesuai fungsinya. Terdapat pula baju yang digunakan untuk misi darurat. Lanjut  keruangan yang kedua, beberapa peralatan persenjataan dipajang. Di ruangan inilah juga terdapat data pesawat. Seperti gambar pesawat yang digunakan negara kesatuan republik indonesia (sesuai dengan  kebutuhannya), seperti pesawat tempur f 16 kemudian helikopter hawk, kosong tujuh. Di paling ujung kami melihat keseluruhan peta republik indonesia( daerah pertahanan udara).Di sinilah pula kami berfoto bersama sama sebagai wujud persatuan kami. Lanjut di ruangan ketiga dan keempat disinilah pesawat dapat kita nikmati( terdapat berbagai macam pesawat kemudian kerangka mesin blok mesin kemudian alat radar dan peluru kendali , ada pula teng).
Santri terlihat sangat ceria karena bisa menaiki pesawat pesawat tersebut. Di ruangan kelima tiruan kelima berisi sejarah sejarah yang menceritakan perjuangan bangsa indonesia merebut kemerdekaan lewat jalur udara seperti perjuangan di daerah daerah maguwoharjo, pesawat yang akan  mengirim bahan makanan dikepung oleh tentara musuh sebanyak 27 pesawat dan pesawat itu pun hancur. Adapun menceritakan sejarah berdirinya kedirgantaraan kota yogyakarta.Lanjut di ruangan terakhir kami melihat ruangan replika yang berisi kerjasama antara indonesia dan negara negara asing dalam lingkup tentara angkatan udara inilah perjalanan kami di dalam museum dirgantara yogyakarta. Akhirnya kami memutuskan untuk istirahat di area terbuka sekaligus untuk makan siang bersama.
Pohon yang besar mengayomi kami beristirahat bersama. Menunggu waktu sholat dzuhur tiba kami bercerita tentang isi dari museum itu, lain hal ada yang bermain gitar, ada yang berlari lari bersama, ada yang menikmati suasana lapangan dirgantara. Waktu shalat dzuhur telah tiba kami pun segera menuju ke mushola  dirgantara melaksanakan sholat  dengan berjamaah. next trip.
03. Museum gula klaten sekitar 20 menit berjalan kami menuju museum ini kami langsung menuju ruang lobby untuk konfirmasi kedatangan. Adalah mbak arum yang membantu kami menelusuri museum gula sekaligus kami di berikan penjelasan tentang awal dari pembuatan gula sampai tahap finishing.
Ternyata gula yang bagus dan manis adalah yang berwarna coklat kemudian kemudian gula yang berwarna putih putih diberi zat kapur, disini juga dijelaskan seperti hama pohon tebu, alat menanam tebu, alat pengolah tebu dan alat pengolah tebu pada era tradisional.
Pukul 2.00 kami pun memutuskan untuk explore santri bermain bebas. Di area museum ini terdapat perpustakaan, home rest area ,taman, cafe.
 Pukul 3 sore kami pun melaksanakan shalat ashar  berjamaah.
Pukul setengah 4 kami pun memutuskan untuk back home. Nah di perjalanan menuju rumah kami sempat diguyur hujan kemudian kami  memperhatikan isi dari kota yogyakarta khususnya ringroad utara ke barat banyak gedung gedung dibangun,pertumbuhan kota yang cepat.
Sekitar 50 menit ,perjalanan kami sampai rumah. Dengan rasa yang menakjubkan dan luar biasa di imbangi rasa syukur yang amat besar kami ucapkan alhamdulillah.
acara kami sukses..sampai jumpa.

tpa alfurqon..different the best..Yess.