Cerita Ramadhan 1436 H





Ramadhan Ya Ramadhan Kareem. Bulan suci penuh ampunan dan berkah, bulan yang di nantikan muslim di penjuru negeri. Lailahaillallah...ucapan ini yangpantas bagi Sang Penguasa Alam Raya. Kekuatan kaum Muslim bangkit dan menguat di bulan suci ini. Kekuatan kebaikan yang menjadi satu dan merubah atmosfer di bumi. Hisab yang telah ditentukan sebagai gerbang Ramadhan ini 1 Ramadhan 1436H jatuh pada 17 Juni 2015. :) Senyum (:
Alhamdulillah, kita masih dlam rahmatnya Iman dalam jiwa, Islam dalam dada, kesehatan dalam raga dan kesempatan dalam kala. Nyawa ini masih di berikan waktu untuk menyambut, memeluk dan meramaikan Ramadhan dalam amalan dan sunnah. Ini atas berkat rahmat-Nya saja. Insyaallah dengan persiapan ini kita akan menyambut Ramadhan ini dengan baik. Banyak hal sebagai runtutan agenda rutin Ramadhan seperti: Sahur sebelum berpuasa, Sholat berjama'ah pada waktunya [ seharusnya di pertahankan], Kajian islami pun ada 3[KulSub;KultumdanKulBer], Sholat Taraweh, Tadarus AlQur'an bersama hingga Takbir Keliling [masjid jangan sampai kosong yah] dan Syawalan Bersama. Ini adalah agenda yang biasanya bersemarak di Ramadhan kami, tapi nah bagaimana dengan kegiatan layaknya Sholat Dluha, Sedekah Rutin,mencari Lailatul Qadr atau pun Zakat Fitrah? Semoga kedepannya kita dapat lebih memaksimalkan diri ya ^^Aamiin.
Sedikit dan singkat.
Beberapa kegiatan telah kami lakukan, disini kami merasakan keindahan tersendiri. Semakin memahami apa itu Islam dan dimana keberkahannya. Dalam Sahur di sunahkan mendekati waktu Imsya', dalam Sahur inilah keberkahan berpuasa dan sebagai pembeda puasanya antara Muslim dan non Muslim [Subhanallah].
Sholat Berjama'ah ini sebenarnya wajib hukumnya bagi kaum pria[Sedang apa kalian di waktu adzan ini?]. Berpahala pasti 27 kebaikan dan memperkuat umat[Bagaimana yang sholat sendiri?]. Islam Maha Tinggi.
Kajian 3 waktu Kajian sehabis sholat subuh, sehabis sholat Isya' dan sebelum Buka bersama [KulSub;KultumdanKulBer]. Nah jika kemarin ada 29 hari Ramadhan coba kita kalikan 3[29x3]; 87 kali kajian islami :>. Sebanyak ini kajian islami yang bagus dan memukau ini, semoga dada yang nyangkut deh ya di benak dan perilaku kita..aamiin.
Hingga kita akan petik suatu saat nanti hasilnya ^^ Nikmatnya.
Yang belum membiasakan sholat malam, di Ramdhan ini kita bisa bersama-sama[lebih ringan kan?] melaksanakan sholat Taraweh/Malam. Istiqomah pahalanya pasti lebih gede ya..[jangan bolong ya, ada pahala tersendiri yang sempurna tarawehnya :)].Sehabis melaksanakan sholat Taraweh /Malam bersama, kita buat sebuah Majlis untuk membaca dan mengkaji AlQur'an[Mukjizat Rasulullah]. One Day One Jus [methode] ini juga baik digunakan untuk mengkaji, membaca Al-Qur'an secara bersama sama di malam Ramadhan[malam yang indah ya, bersama Ramadhan bersama AlQur'an]. Mengkhatamkan AlQur'an secara bersama- sama memiliki kesan tersendiri bagi kami.
Hari demi hari berlalu, ramadhan kian beranjak pergi dan sudahkah kita sudah merasa dekat dengan nikmat- nikmat Ramadhan ?
-------------------------------------------------------------------
Lantunan gema takbir berkumandang. Allahuakbar..Allahuakbar..Allahuakbar, sebagai tanda berakhirlah bulan suci.Insyaallah menuju kemenangan atas pribadi diri Muslim.Kemenagan ini kian terasa ketika sudah melaksanakan berbuka puasa untuk puasa yang terakhir di bulan Ramadhan.
Bagi kami selalu ada semangat dan keceriaan yang dalam ketika malam Idul Fitri, malam kali ini 1436 H adalah Takbir Keliling (Tarling) yang diikuti oleh peserta per jama'ah Sendangmulyo Minggir. Desa kami tahun ini menjadi "Tuan Rumah". iring- iringan rombongan tiap jama'ah menghampiri desa ini. Penduduk seraya keluar rumah menyaksikan serunya malam takbir ini. Sesuai aturan yang telah ditentukan kami mengikuti Tarling malam ini. Puas..puas lah hati ini mengaggungkan namanya dalam setiap langkah hingga garis Finish (Koreo: mengingatkan kepada sesama Muslim tentang kemerdekaan Negeri Palestina yang belum terwujud hingga kini/ idul Fitri 1436H).
Waktu telah tengah malam, suara- suara syahdu itu akan kami ingat dan kami simpan dalam hati. Malam ini kami berdo'a semoga amalan- amalan dalam Ramadhan kali ini di terima dalam sisi-Nya. Aamiin Ya Rabbal'alamiin.
Membuka mata dalam naungan Subuh. Melaksanakan 2 rakaat Fajr disambung 2 rakaat Subuh, Alhamdulillah puji dan syukur. Terhela sejenak 04.40 am, ada nuansa baru seolah embun yang tipis turun di waktu itu, seraya kami perhatikan sejenak, indahnya pagi ini. Mempersiapkan ke tanah lapang [sholat idul Fitri] berwewangian, bersih, suci dan "bismillah". Membuka pintu rumah[keluar] embun pagi begitu padat, jarak pandang 5 meter saja. Subhannallah. Kami pun lekas berangkat dengan hati-hati :>.
Menginjakan kaki di tanah lapang untuk melaksanakan 2 rakaat, hati tersedu. Allahuakbar itulah yang pertama..serangkaian khutbah di serukan dengan isian mengajak untuk kembali mensucikan diri (Fitrah Manusia). hapuskan segala penyakit hati untuk menghargai sesama.
Sesama manusia, Mari kita beranjak mengetuk pintu ke pintu untuk memohon ma'af atas segala kesalahan.
SELAMAT IDUL FITRI 1436 H
TPA AL-FURQON
..different..the best..yess!!

0 comments:

Post a Comment