Kisah Ramadhan 1435 H

Assalamu'alaikum wr.wb.

 Ramadhan ialah bulan yang penuh berkah dan sebulan penuh kita dilatih untuk menjadi manusia yang lebih baik, rajin, disiplin, hemat dan berinteraksi dengan baik. TPA Al-Furqon, kami memiliki banyak kegiatan rutin di bulan Ramadhan. Kegiatan yang kami lakukan ini untuk meramaikan nuansa, menjiwai ramadhan, sehingga ramadhan terasa di hati dan menjadikan Allah juga dekat di hati.

Sahur adalah kegiatan utama yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah ketika akan memulai puasa. Ingat sebelum melalukan kesemua itu harus "meniatkan hati" membaca bacaan Basmallah sebelum puasa. Sahur dilakukan lebih baik sebelum waktu masuk Subuh. Sahur dilakukan lebih baik di waktu akhir. Sholat Subuh berjama'ah amat sangat besar pahalanya, jika orang mengetahui besar amalannya ia pun rela meski harus merangkak untuk ikut sholat berjama'ah, sesuai dalam hadist Rasulullah SAW. Biasanya, sehabis sholat Subuh kami berjalan-jalan melewati sawah, sungai, pegunungan, perkebunan sekedar melepas penat, dan melihat kebeasaran Allah di waktu fajar. Kadang lucu melihat anak- anak main petasan, mainan air, lari- larian, dan mereka pun memperlihatkan senyumnya :).
 Semangat itulah yang akan meneruskan generasi islam selanjutnya dan menjaga islam tetap jaya. Sholat Dluha, sholat ini merupakan salah satu pembuka kunci berkah. Insya Allah orang yang melaksanakan ibadah ini dalam hidupnya akan banyak terbantu. Salah satu ke istimewaan bulan Ramadhan ialah amalan baik yang kita lalukan dapat berlipat sampai 700x. Orang yang sedang lelah sembari tidur pun akan tercatat oleh malaikat sebagai ibadah. Aamiin. Islam mengajarkan begitu indahnya melakukan amalan ibadah, dalam hal apapun islam menjaga umatnya dari ibadahnya. Misal: Jika kau masih bisa melaksanakan sholat dalam keadaan apapun sholatlah, jika tidak maka siaplah untuk di sholatkan. Menjaga Sholat Lima Waktu itu penting, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada sang Pencipta.Subuh, Dluhur, Ashar, Maghrib dan Isya'.
 Kegiatan kami di waktu sore salah satunya adalah mempersiapkan buka puasa bersama di Masjid/ Musholla. Disana banyak santri yang selalu hadir menyapa kita. Entah, kita bermain, mengaji, hafalan, do'a sebulan penuh kita lakukan di kegiatan TPA. Insya Allah dengan menjadikan kebiasaan baik bagi adik- adik maka dalam kesehariaanya mereka juga akan baik. Keceriaan dan kebahagiaan anak haruslah pas bentuk kegiatannya, jangan sampai kebahagiaan mereka terisi dengan kegiatan yang belum saatnya mereka nikmati. Indah pada waktunya. Di akhir Ramadhan kemarin kami berusaha mensemarakannya dengan Lomba Mewarnai bersama, kami senang semangat adik- adik ini, mereka berusaha mewarnai dengan bersih, rapi, warna- warni dan indah.
Akhirnya Pemenang untuk lomba ini: Level 1 oleh: Dina dan Eka, Level II oleh Akbar Setiawan dan Vika, dan Level III oleh Febriansyah dan Mitasari. Doorprize pun muncul yang menjawab pertanyaan dengan benarlah yang mendapat hadiahnya, yakni: Adik Hafidz, Madina, Awaita, dan Dian. Lomba di akhiri dengan kegembiraan bersama berbuka puasa :D. Selain itu, kami juga melaksanakan kegiatan Tadarus bersama dari awal sampai akhir, Alhamdulillah Al-Qur'annya Khatam. Kegiatan ini kami lakukan seusai sholat Isya' dan Taraweh bersama. Banyak hal yang kami dapat dalam kegiatan ini, bersama dalam suatu majelis mencari pahala yang satu ayatnya bernilai satu pahala ( belum jika dalam keadaan suci dan menghadap kiblat). Selesai itu di akhir Ramadhan kami juga melakukan hafalan bersama santri surat- surat pendek.

"Allahuakbar Allahuakbar Laillahaillallahuallahuakbar Allahuakbar Walillahilhamd" Ramadhan telah usai, Kini di malam kemenangan kita mengemakan suara Takbir bersama. Kali ini tidak seperti tahun kemarin, tiada Takbir Keliling Bersama di lingkungan kami. Kami pun ikut melaksanakan Takbir Kelilling Bersama yang dilaksanakan AMMI ( Angkatan Muda-Mudi Islam), semarak malam lebaran ini pun kian terasa (kemenangannya).Bertakbir menggemakan dunia "Allahuakbar".
Pagi menyapa. Sinar Matahari begitu indahnya terasa hangat. Kami bersama menuju tanah lapang untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Sholat pun dilakukan, rakaat demi rakaat kami berdiri. "Assalamu'alaikum waroh matullahi wabarokatuh- Assalamu'....", seusai itu adalah Ustadz Agus yang memberikan khotbah " Kematian mengarapkan Ibadah" mungkin ini judul yang bisa kami ambil dari nya. Jama'ah terasa merinding mendengarkan khotbahnya, bak mempersiapkan diri untuk perang. Semangat dari khotbahnya menyatu ke jama'ah dan Subhanallah khotbah beliau. Kegiatan selanjutnya berkunjung ke rumah warga satu per satu. Dengan pasukan 30an orang kami bersama meminta maaf atas segala kesalahan kami (Angkatan Muda Mudi Islam). Alhamdulillah sampai lebaran ke-4 selesai tugasi ini.

Syawalan bersama, Kegiatan ini dilaksanakan rutin sebagai media halal bi halal di desa kami. 4 Agustus 2014, malam itulah dilaksanakan. Persiapan sudah matang, Panggung, Personil, Lampu, Snack, Ustadz, dan Pengiringnya Insya Allah ready.
Pembukaan dengan "Bismillahirohmanirohiim" di bacakan oleh MC adik Novi dan Arum, Sambutan ketua AMMI oleh mas Didin, Sambutan Kepala Desa oleh Bpk. Rosidi. Ikrar Syawalan sudah terucap semoga dosa ini kian lebur di hari yang Fitri. Dalam acara ini tersisip pembagian hadiah kepada adik yang memiliki hafalan bagus. Level I di menangkan oleh adik: Arsya, Vinda, Mitasari, Dima, Dea Rahma, Dina Nur, Septi, Nazua, Adelia dan Dian, hadiah di serahkan oleh kakak Cicik. Level II di menangkan oleh adik :Bagas, Zydan, Anisa, Vina dan Hafidz. Semoga adik- adik kita menjadi anak yang Sholeh. Amiin. Acara selanjutnya ialah materi yang akan diisi oleh Ustadz Mustaqin dari Bantul. Materi beliau bagus sekali, memberikan arahan tentang amalan di kehidupan sehari- hari, seperti kewajiban sholat, menghormati sesama, kewajiban Istri-Suami dan masih banyak lagi.Syawalan pun meriah dengan diiringi alunan suara dari Hidayah Rebana ^^.  Alhamdulillah acra selesai dengan baik dan lancar.
Semoga dengan Ramadhan 1435 kita menjadi manusia yang lebih baik, lebih dekat kepada Pencipta dan lebih Taqwa. Aamiin.
Salam hangat dari kami, TPA Al-Furqon.
| ..different..the best..yess!!

0 comments:

Post a Comment