History of TPA AlFurqon ::


Prapak Kulon, 30 september 2007
Dalam acara GAS ( Gebyar Anak Sholeh)#01 ,kami menjadi juara umum sebuah semangat untuk generasi islam.

Memperbanyak membaca alquran di bulan romadhon adalah salah satu sunnah. Sudah hal yang biasa kami lakukan sehabis sholat tarawih tadarus bersama ( 1436), hal baru pun akan kami mulai. Bersama mh mubaligh hijrah 1 dan para remaja masjid dalam suatu forum yang dikoordinasi oleh sang ketua(Elik Sumanto) kegiatan mengaji, mengkaji buku iqro sebelum buka puasa pun dimulai, kegiatan ini pun diikuti dengan antusias oleh adik adik dan remaja masjid dusun mergan sendangmulyo (20 hari akhir ramadhan 1436).

------------<<<>>>------------

Semangat itu pun ada, berawal dari usulan para wali murid TK-SD PRAPAK yang mengeluhkan banyak anak sulit membaca al quran. Keadaan seperti ini  memperhatikan di zaman ini, anak anak tidak bisa membaca al Quran, sebuah pedoman hidup bagi manusia.Oleh ibu  cahyani dan ibu shafiyah dicetuskan lah TPA (taman pendidikan al quran) 11 maret 2008.Kegiatan ini masih  berlangsung di tk dan sd prapak dengan muridnya. Melanjutkan (lanjut)lebih lama masuklah TPA ini di mushola citran. Anak anak senang dan mengerti, di ikuti sekitar 15 anak TPA waktu itu. TPA kemudian difokuskan di masjid al furqon dengan menambah jumlah pengajarnya di lingkungan masjid. Untuk lebih mengenalkan kegiatan ini , maka di masyarakat diadakanlah publikasi serentak. Dalam perkembangannya banyak adik adik yang lebih mudah mempelajari al quran dan ilmu agama islam bersama teman mereka. kegiatan TPA ini mampu meluas di seluruh desa mergan serta citran, hingga kegiatan TPA sering dilakukan di musholla Al Ikhwan.
Akan tetapi karena gejolak lingkungan politik dan sosial TPA juga  pernah berhenti selama 3 tahun(16/1/10-8/4/12), waktu yang cukup lama. Banyak yang menyesalkan hal ini, tapi apa daya.Waktu terus berjalan sudah saat nya TPA kembali bangkit, di susunlah sebuah acara (pengajian) sebagai penyusunan  awal pembukaan TPA ini, iya tanggal 15 april 2012 di pelopori oleh ibu Cahyani dan Syafi'ah TPA ku kembali, dengan nama TPA ALFURQON ;).
TPA pun sedikit demi sedikit pulih kembali, sekarang santri sudah tersenyum lagi, bermain, mengaji, bernyanyi dan mengerti. Doa dari kami semoga TPA ini tidak lekang dan terhapus lagi oleh waktu dan zaman. Aamiin ya Rabb...

TPA AL FURQON
...different..the best..Yess!!


0 comments:

Post a Comment